Wedang Digital | Jasa Buat Blog,Optimasi Seo,Media Online,Web Bisnis,Murah Berkualitas

Pentingkah Sosial Media Untuk mengembangkan Bisnis?

Picture by : wartabromo.com

Pentingkah Sosial Media Untuk mengembangkan Bisnis?

Di jaman sekarang ini semuanya seberba praktis, bahkan berbelanja pun hanya perlu melakukan beberapa ketukan saja melalui smartphone dan keesokan harinya barang yang di beli sudah sampai di rumah.

Sangat berbeda sekali dengan kondisi di beberapa waktu yang lalu, saat teknologi digital belum maju. Orang harus pergi ke toko untuk membeli sesuatu.

Jaman sudah berubah, perkembangan yang sangat pesat terjadi di bidang teknologi komunikasi. Alat komunikasi semakin canggih. Para pengembang aplikasi berlomba untuk menciptakan aplikasi yang banyak memberikan manfaat untuk penggunanya.

Banyak sekali aplikasi smartphone yang sudah diciptakan bedasarkan kebutuhan. Untuk jual beli, memesan tiket, memesan hotel, memesan transportasi, dan masih banyak lagi. Semua aplikasi diciptakan bukan tanpa sebab. Semua ada maksud dan tujuannya. Termasuk aplikasi sosial media yang sekarang ini banyak digandrungi oleh kebanyakan orang Indonesia.

Aplikasi Sosial media atau sosmed, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter dibuat untuk mempermudah orang berkomunikasi melalui internet. Dengan sosial media orang akan menyampaikan atau membagikan apa yang sedang terjadi, dan orang yang lain akan melihat berita atau kabar tersebut.

Banyaknya pengguna Sosial media memungkinkan suatu kabar atau berita tersebar dengan sangat cepat. Hal ini lah yang dimanfaatkan oleh pebisnis untuk mengembangkan bisnis atau usaha milik mereka.

Dengan sosial media, kita tidak perlu repot-repot memperkenalkan produk kita dengan cara membagi brosur di bawah terik matahari. Tinggal melakukan beberapa langkah praktis, bisnis atau produk kita sudah bisa dilihat banyak orang melalui sosial media.

Bahkan beberapa sosial medi sengaja membuat sebuah fitur khusus untuk para pebisnis yang mau mengiklankan produknya melalui sosial media. Dengan mengiklankan produknya melalui sosial media akan membuat produknya makin cepat dan makin banyak orang yang mengetahui.

Para audiens atau pemirsa iklan juga bisa ditarget. Target bedasarkan jenis kelamin, usia, hobi, bakat, minat, dan pekerjaan. Sehingga akan mempermudah kita mendapatkan target pasar yang sesuai dengan produk yang diiklankan.

Semua sangat mudah ketika kita mempunyai akun sosial media. Dengan sosial media produk atau bisnis kita bisa dilihat banyak orang secara mudah. Namun ada hal yang sangat perlu diperhatikan dalam membuat postingan atau konten untuk mempromosikan produk kita. Yaitu kreativ konten.

Yas, Kreativ Konten, atau konten yang kreativ adalah salah satu hal yang penting yang harus dimiliki oleh pebisnis yang ingin mengiklankan produk atau bisnisnya melalui sosial media. Maksudnya adalah postingan yang diupload atau dibagikan melalui sosial media memiliki hal yang menarik. Entah dari segi gambar ataupun copywriting atau captionnya.

Baca Juga :
Jangan hanya meningkatkan penjualan tapi pelayanan juga harus ditingkatkan

Hal ini sangat diperlukan karena orang cenderung akan bosan dengan akun sosial media yang isinya hanya promosi produk saja. Memang tujuan kita adalah promosi produk, tetapi ada cara atau strateginya agar si calon pembeli tidak jenuh atau bosan melihat akun sosial media kita.

Desain grafis pada konten juga sangat diperlukan, terutama pembuatan banding untuk produk di sosial media kita. Karena branding adalah hal yang paling penting dalam hal promosi. Ketika kita membuat sebuah branding dan kita kenalkan branding tersebut melalui sosial media, orang akan cenderung lebih cepat untuk mengenali produk kita.

Itulah sedikit strategi pemasaran melalui sosial media. Kita harus bisa mengolah sosial media produk kita nyaman dipandang orang. Ketika orang nyaman minimal mereka tidak terganggu dengan postingan jualan kita di sosial media. Itulah tugas dari sebuah branding.

Branding tidak hanya diperlukan di penjualan media offline saja, di media online juga diperlukan. Selain branding, strategi lainnya adalah membuat orang agar tidak bosan melihat akun sosial media kita, seperti yang sudah di sebutkan di atas.

Salah satu caranya adalah membuat konten di luar jualan yang sifatnya adalah edukasi, humor atau lucu, interaksi, motivasi, dan lain sebaginya. Konten ini nantinya akan menjadi selingan di akun sosial media kita agar pengunjung tidak bosan melihat postingan-postingan dari akun sosial media jualan kita.

Misalnya membuat konten interaksi yaitu dengan membuat konten kuis, dengan adanya kuis interaksi tersebut kita juga bisa mengukur berapa banyak orang yang berinteraksi dengan akun sosial media kita di internet.

Contohnya seperti konten sosial media di bawah ini. Ini adalah konten mini kuis milik client kami yang kami buatkan desainnya.

 



Kesimpulannya adalah, peran sosial media untuk mengembangkan bisnis sangat diperlukan. Karena dengan sosial media kita bisa dengan mudah menyebarluaskan informasi tentang produk kita. Selatin itu, dengan sosial media kita menjadi lebih mudah untuk mengenalkan produk kita.

Terutama untuk para pebisnis yang baru memiliki produknya. Dengan sosial media bisa lebih mudah dan cepat pemasarannya.

Bahkan perusahaan-perusahaan raksasa pun sudah yang mulai merambah ke dunia online. Melalui sosial media mereka membagikan edukasi seputar produk mereka. Contohnya seperti produk Adidas, Nike, Puma, KFC, Mc Donald, dan masih banyak lagi. Mereka memiliki akun sosial media yang fungsinya adalah untuk melakukan pendekatan kepada calon cutomer mereka.

Mereka menyajikan konten yang sangat interaktif kepada follower atau pengikut mereka di sosial media, sehingga follower mereka antusias mengikuti akun sosial media mereka.

Semakin kita mengoptimalkan bisnis kita melalui sosial media, maka semakin banyak pasar yang akan kita dapatkan. Tetapi perlu diingat, bahwa pembuatan konten di sosial media tidak boleh asal-asalan, harus profesional. Karena ini akan memperngaruhi psikologis calon customer kita.

Ketika kita asal-asalan membuat sebuah konten untuk berjualan, maka banyak juga orang yang mungkin tidak percaya dengan produk kita. Konten di sosial media adalah cerminan dari produk kita.

Maka dari itu, pentingnya membangun sebuah branding untuk produk kita. Jika ktia tidak membuat branding, kita akan sulit memasarkan produk kita, dan kita juga akan tertinggal tentunya.

Ketika orang melihat konten produk kita yang profesional, dengan estetika, pasti akan memperngaruhi psikologis customer kita bahwa akun sosial media kita meyakinkan. Itulah tugas yang terpenting ketika akan mengembangkan usaha atau bisnis melalui sosial media.

Coba perhatikan perbedaan kedua konten instangram di bawah ini.



Jenis usaha diatas adalah sama dan menjual produk yang sama. Namun, ketika Anda melihat perbedaan kedua akun media sosial diatas, kira-kira Anda akan lebih cenderung berminat untuk melakukan pembelian di akun A atau akun B? Jawab dengan jujur ya...

Tentu Anda pasti akan menjawab B. Yang mana B adalah akun sosial media Warung Marenta milik client kami yang kami kelola secara intens.

Maka dari itu, kami mengajak Anda untuk lebih banyak mengetahui tentang strategi penjualan di sosial media dan media online lainnya. Melalui akun sosial media kami, kami akan membagikan informasi seputar cara atau tips berjualan melalui internet. Anda bisa follow akun sosial media kami, di facebook dan instagram @wedangdigital.

Dan apabila Anda memerlukan jasa untuk membuat sebuah branding, dan jasa untuk memasarkan produk Anda melalui internet, Anda juga bisa menghubungi kami. Kami siap membantu mengenalkan bisnis / usaha Anda dikenal lebih banyak orang melaui internet.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, salam sukses untuk kita semua.

0 Response to "Pentingkah Sosial Media Untuk mengembangkan Bisnis?"

Posting Komentar